Jumaat, Mei 15

Kamu Adalah Yang Kamu Fikirkan !!!....Apa yang sedang Anda fikir sekarang ni...?



Semakin membuka jalan fikiranku, setelah beberapa hari lepas berbual-bual dengan rakan sejawat dan motivator jemputan dalam program satu program yang aku sertai sebagai peserta…program motivasi gak…
Sebenarnya dari dulu, aku tahu istilah
“Kamu adalah yang kamu fikirkan !!”
cuma untuk menjelaskan asal apa yang tersirat dalam kalimat itu, aku masih belum betul2 jelas dan clear. Dan menjadi semakin jelas, ketika dibuka fikiranku dari gabungan hasil pertemuan itu. Dari situ ada beberapa proses pembentukan karakter, selain dari faktor lingkungan ….
Pemikiran
Otak ternyata mempunyai kemampuan yang sangat dahsyat. Ketika kita berfikir positif, maka hasil yang akan kita raih menjadi positif. Dan begitu juga sebaliknya, manakala kita berpikiran negatif hasil yang kita raih pun juga negatif. Dan dari pola fikir ini, nantinya akan sampai ke dalam sebuah perkataan …
Perkataan
Dari tadi apa yang kita pikirkan, pasti lama kelamaan akan terlontar ke dalam perkataan. Karena ada banyak sebab kemungkinan, baik itu alam bawah sadar atau alam bawah tidak sadar kita. Belum juga dari sikap emosi sesaat yang tiba-tiba terpancing dan akhirnya muncul ke dalam sebuah perkataan. Dan efek dari perkataan ini bisa menjurus ke dalam perbuatan.
Perbuatan
Ini jelas merupakan tindakan yang jelas - jelas terlihat, lain lagi dari point 1 dan 2. Dan apabila perbuatan ini terjadi berulang-ulang tanpa ada perubahan, maka akan membentuk suatu kebiasaan.
Kebiasaan
Faktor kebiasaan ini jelas terbentuk dari perbuatan yang terjadi secara berulang-ulang. Dan kalau pun sudah mendarah daging, biasanya masukan sekecil apapun akan bertolak dengan pola pikirnya. Dan akhirnya, ini akan membentuk suatu karakter
Karakter
Cattel berkeyakinan, satu pertiga perubahan kepribadian dipengaruhi oleh faktor genetik dan dua pertiga yang lain dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Namun E. Fromm tidak menyakini bahwa karakter akan statik di masa usia lima tahun, dan kenyataan selanjutnya bahwa karakter manusia boleh mengalami perubahan. Dan karakter manusia ini salah satunya terbentuk dari proses sebelumnya. Pola pikir yang berlanjut ke dalam perkataan, yang lama kelamaan boleh masuk ke dalam perbuatan, dan perbuatan yang tidak mengalami perubahan dan dilakukan secara berulang - ulang ini nantinya membentuk suatu kebiasaan, hingga akhirnya kebiasaan ini nantinya yang secara tidak langsung membentuk karakter seseorang.
Tapi semua ini boleh berubah, seperti yang sudah dijelaskan tadi. Cuma, yang boleh mengubah karakter ini adalah kita sendiri. Kita sendiri mau tetap seperti ini atau mau berubah, semua tergantung dari kitanya sendiri.
Seperti halnya komentar di blogku sebelumnya, banyak pendapat pro dan kontra. Dari yang mengklaim ga bisa berubah sama sekali, dan ada juga yang bilang selama perubahan itu menuju kebaikan, why not ?? Di atikel itu juga ada semacam kaitannya dari proses ini, iaitu Motivasi. Yang jelas, motivasi ini muncul juga kerana ada sesuatu yang mendorong untuk berpikir dan berubah kan ?
Memang perlu kita mengaca pada diri kita sendiri, dan perlu juga kita berpikir atau mempunyai semacam affirmation message. Kok kita bisa menjadi seperti ini karena apa ? yang mendorong kita dinilai oleh orang lain seperti ini kerana sebab apa ? atau beragam kegelisahan kita, ketika menghadapi masalah. Dan dari situ pula kita bisa menilai diri kita sendiri, dan bagaimana menentukan sikap selanjutnya.
Ok … semoga ini bermanfaat dan sebagai catatan untuk yang empunya blog inih, dan juga bisa bermanfaat buat yang membacanya.
just in my opinion …

Tiada ulasan:

Catat Ulasan